Tips Memilih Ground Cabel Yang Bagus

IMG-20170126-WA0027

GAS-POL.COM – 26 January 2017

6 Tips bagaimana memilih Ground Cable yang bagus:

1. Periksalah bahan kabel yang dipakai. Apakah kabel yang digunakan menggunakan tembaga murni atau tembaga campuran? Tentunya semakin murni kandungan tembaga yang dipakai, konduktivitas listrik akan semakin baik.

2. Periksalah apakah material Ground cable tersebut dilapisi oleh timah. Lapisan timah akan mencegah terjadinya korosi pada kabel ground yang dipakai. Mengingat Indonesia memiliki suhu panas dan curah hujan yang tinggi, tingkat oksidasi sangatlah tinggi. Oleh sebab itu kita tidak bisa memasang sembarang kabel untuk dipakai sebagai kabel ground.

3. Perhatikan berapa besar kabel yang dipakai. Satuan besaran kabel adalah AWG (American Wire Gauge). Semakin besar kabel semakin kecil AWG nya. Contoh: kabel 4 AWG lebih besar daripada kabel 8 AWG. Jangan tertipu dengan kabel yg outer diameter nya besar tapi tembaga Yang dipakai sangat sedikit.

4. Selain material dan besaran kabel perhatikan juga tekhnologi yang dipakai. Tekhnologi kabel listrik yang baik disebut juga dngn kabel OFC (Oxygen Free Cable) di mana udara tidak bisa masuk ke dalam kabel. Kabel seperti ini biasanya memiliki 2 lapisan di kulit kabel nya. Lebih baik lagi apabila kabel dilapisi Nano Technology.

5. Periksalah terminal kabel yang dipakai. Terminal yang baik haruslah dilapisi emas sehingga memaksimalkan konduktivitas listrik.

6. Untuk mengukur baik/ tidaknya kabel, pakailah DC Meter (tang ampere DC). Semakin baik kualitas kabel, semakin tinggi ampere yang dihasilkan.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk member www.gas-pol.com.

Salam dari instruktur Qmax Army Indonesia.

IMG-20170125-WA0028

IMG-20170126-WA0030

IMG-20170126-WA0031

Marvin Towing copy image description

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below